Jumat, 15 Juni 2012


Proses belajar adalah tahapan perubahan perilaku kognitif, afektif, dan psikomotor yang terjadi dalam diri siswa. Perubahan tersebut bersifat positif dalam arti berorientasi ke arah yang lebih maju dari keadaan sebelumnya.

Proses belajar dibedakan berdasarkan proses terjadinya, terbagi menjadi :
  • ·Pendapat I yakin proses belajar terjadi karena ada reinforcement sebagai motivasi siswa agar terjadi perubahan tingkah laku (behaviorisme), proses belajar terjadi sesuai tingkat perkembangan biologis seseorang (maturasionisme). 
  • Pendapat ke II yakin proses belajar terjadi karena bentukan kita sendiri (selfcontructions).

Proses Belajar Menurut Para Ahli
Menurut Bruner terbagi 3 :
»        Fase informasi (tahap penerimaan materi)
»        Fase transformasi (tahap pengubahan materi)
»        Fase evaluasi (tahap penilaian materi)

Menurut Wittig (1981) terbagi menjadi :
»        Acquisition (tahap penerimaan informasi)
»        Storage (tahap penyimpanan informasi)
»        Retrieval (tahap mendapatkan kembali informasi)


Proses Belajar Berdasarkan Kerja Otak

 Otak Kiri

Pada individu dengan pola belajar memakai otak kiri walau dapat membaca cepat, belum tentu pemahamannya baik. Untuk memahami apa yang dibaca , harus dengan membaca perlahan (silent) dan pelan pelan (slowly), sehingga kata kata tersebut akan masuk kedalam pikirannya. Biasanya menggunakan catatan, sehingga penyimpanan informasinya sistimatik. Pada otak kiri, berpikirnya secara symbol dan dalam bentuk kata, sehingga mudah untuk menerjemahkan pikirannya ke kertas.

Otak Kanan

Proses berpikir pada individu dengan otak kanan adalah secara visual dan spasial(penglihatan dalam ruang). Orientasi visualnya yang multidimensi membuat kecenderungan untuk melakukan kesalahan dalam menyalin huruf dan angka.

KeduaOtak 
Merupakan gabungan dari proses belajar dengan dominan otak kiri dan otak kanan.



          Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar