Agnes Oktavia 11-021
Aisyah Huwaida 11-065
Christine Natalia Tarigan 11-127
Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi
sebagai media belajar dikalangan anak SMA
Pendahuluan
Tidak dapat dipungkiri bahwa proses perkembangan edukasi di
zaman ini tentu juga melibatkan kemajuan teknologi yang tengah berkembang pada
saat ini. Teknologi dapat dimanfaatkan sebagai sebuah media pembantu
dalam dunia pendidikan dan tentunya dalam proses belajar. Dalam bidang pendidikan,
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) banyak memiliki peranan. Teknologi
Informasi telah menggantikan fungsi buku, guru dan sistem pengajaran yang
sebelumnya masih bersifat tertib dan teratur. Tetapi, teknologi itu
sendiri adalah merupakan hal yang kompleks, terutama bagi para pelajar. Maka
dari itu, kelompok kami memilih tema “Peran Teknologi sebagai Media
Pembelajaran pada Siswa”. Dalam hal ini, kami ingin membahas bagaimana
proses pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan dan proses
belajar, terutama Teknologi Informasi dan Komunikasi oleh para pelajar di
sekolah-sekolah tingkat menengah keatas sebagai media belajarnya, sehingga kami
menentukan untuk memilih judul “Penggunaan Teknologi Informasi dan
Komunikasi sebagai media belajar dikalangan anak SMA”.
Teknologi Informasi dan Komunikasi itu sendiri pun tentu
mempunyai dampak positif atau pun negatif bagi dunia pendidikan. Hal ini
didukung oleh banyak faktor yang mempengaruhinya dan dapat terlihat dari segi
sistem pendidikan, sarana pendidikan, penyaluran, penyampaian sampai penerimaan
pendidikan itu sendiri. Teknologi dalam dunia pendidikan memegang peranan yang
penting, terutama setelah berkembangnya Teknologi Informasi dan Komunikasi
seperti komputer, hp, smartphone, netbook, PC tablet, dan lain-lain. Peranan
teknologi saat ini berpengaruh dalam hal penyampaian materi. Pendidikan
yang memasukkan unsur teknologi di dalammya, juga mendukung prinsip
konstruktivisme yang merupakan inti dari filsafat pendidikan.
LandasanTeori
Konstruktivisme merupakan komponen terpenting dari integrasi
teknologi. Konstruktivis memerupakan suatu pandangan mengenai bagaimana seorang
belajar, yaitu menjelaskan bagaimana manusia membangun pemahaman dan
pengetahuannya mengenai dunia sekitarnya melalui pengenalan terhadap
benda-benda di sekitarnya yang direfleksikan melalui pengalamannya (Piaget,
1967). Untuk mengimplementasikan konstruktivisme di dalam kelas, guru harus
berkeyakinan bahwa peserta didik ketika dating kekelas otaknya tidak
kosong dengan pengetahuan. Mereka dating ke dalam situasi belajar dengan
pengetahuan, gagasan, dan pemahaman yang sudah ada dalam pikiran mereka. Jika
sesuai, pengetahuan awal inilah yang merupakan materi dasar untuk pengetahuan
baru yang akan mereka kembangkan.
Prinsip – prinsip dari Konstruktivisme adalah:
1. Siswa
membawa pengetahuan awal yang khas dan keyakinan – keyakinan pada situasi
pembelajaran.
2. Pengetahuan
dibangun secara unik dan individu atau personal.
3. Belajar
merupakan proses yang aktif dan reflektif.
4. Belajar
adalah proses membangun
5. Interaksi
sosial mengenalkan perspektifan pada pembelajaran.
6. Belajar
dikendalikan secara internal dan di mediasi oleh siswa
Berdasarkan
teori di atas, maka kami ingin meneliti dan mengetahui beberapa hal sebagai
berikut:
- Dampak Positif dan Negatif yang didapatkandari TIK sebagai media belajar siswa.
- Kemahiran serta pemahaman siswa dalam pengunaan media – media elektronik sebagai media belajar siswa.
- Pemanfaatan sebagai penyelesaian tugas sekolah.
Tujuann Penelitian :
- Untuk mengetahui dampak dan peran TIK sebagai media belajar siswa.
- Untuk mengetahui seberapa penting penggunaan sarana TIK bagi para siswa SMA.
- Untuk mengetahui pemahaman apa saja yang dapat melalui TIK
- Untuk mengetahui sampai dimana kemahiran para siswa dalam menggunakan media elektronik dalam belajar.
Alat-alat dan bahan yang digunakan dalam proses penelitian :
- Alat-alat tulis (Buku, kertas dan pena)
- Kamera
- Handphone
- Laptop
- Reward untuk Koresponden
- Printer
- Modem
Koresponden
yang diteliti :
25 Orang Siswa-Siswi dari berbagai SMA dan kelas yang
mengikuti Bimbingan Belajar di Einstein Collage.
Metode
yang digunakan :
Pengambilan data dilakukan melalui proses penyebaran angket
terhadap koresponden yang telah dipilih. Adapun pertanyaan - pertanyaan yang
diajukan dalam angket tersebut adalah:
- Bagaimana tanggapan anda mengenai perkembangan teknologi saat ini ? (khususnya perkembanganTIK)
- Apa saja dampak positif maupun negatif dari perkembangan teknologi saat ini ?
- Apakah perkembangan TIK saat ini sudah bermanfaat sebagai media belajar bagi anda ? Jelaskan!
- Apakah anda dapat mengoperasikan berbagai media elektronik dengan baik dan benar ?
- Media elektronik apa sajakah yang paling sering anda gunakan sebagai media belajar ? Seberapa seringkah anda menggunakannya ?
- Apakah anda cukup mengenal dunia internet ?
- Seberapa mahirkah anda menggunakan fasilitas internet sebagai media belajar ?
- Apakah anda termasuk orang yang update akan perkembangan teknologi dan pendidikan saat ini ?
- Apakah semua mata pelajaran di sekolah anda menuntut anda untuk menggunakan teknologi ? Jelaskan!
- Apabila guru memberikan tugas dan pekerjaan rumah, apakah anda lebih memilih untuk mencari jawaban dari buku atau dari internet ? Jelaskan!
Analisis
Data :
Setelah data hasil penyebaran angket diperoleh, maka
kelompok mencari kesimpulan dari jawaban - jawaban yang diberikan oleh
koresponden. Hasil kesimpulan tiap koresponden akan digabung dan ditarik
kesimpulan. Jawaban - jawaban yang paling banyak muncul atau mendekati
akan dijadikan garis besar dalam kesimpulan akhir.
Perencanaan
:
Minggu
ke II April 2012 : Penentuan Topik
Minggu
ke III April 2012 : Pembahasan masalah teknik
Minggu
ke IV April 2012 : Pengurusan Surat Izin
Minggu
ke I Mei 2012 : Permintaan Izin kepada Einstein Collage
Minggu
ke II Mei 2012 : Pengambilan Data dari Koresponden
Minggu
ke III Mei 2012 : Penyelesaian Akhir Tugas Mini Proyek
Kalkulasi
Biaya :
-
Foto Copy dan Print : Rp. 12.500
-
Pembelian Reward : Rp. 62.000 +
Rp. 74.500
Pelaksanaan
:
24 April 2012 : Penentuan Topik
28 April 2012 : Pembahasan masalah
teknik
26 April 2012 : Pelaporan Sementara
Perkembangan Hasil Mini Proyek
05 Mei 2012 : Pengurusan Surat Izin
08 Mei 2012 : Permintaan Izin kepada Einstein Collage
25 Mei 2012 : Pengambilan Data dari Koresponden
04 Juni 2012 : Penyelesaian Akhir Tugas Mini Proyek
05 Juni 2012 : Pembuatan Poster
06 Juni 2012 : Penyelerasan dan Diskusi Kelompok Hasil Tugas Mini Proyek
sebelum
diposting
diposting
Pelaporan Hasil Penelitian dan Kesimpulan :
Sejalan dengan
perkembangan zaman, kemajuan teknologi sekarang ini semain maju dan berkembang
pesat serta mempunyai peran yang sangat aktif bagi manusia. Teknologi (Internet)
merupakan media komunikasi yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna
lainnya diseluruh dunia. Teknologi juga merupakan bagian dari pendidikan yang
sebagai media belajar diberbagai kalangan.
Selain itu, perkembanagan
pesat beberapa Teknologi Informasi dan Komunikasi lainnya seperti Internet
berhasil mempengaruhi dikalangan para remaja. Beberapa contoh hasil dari
perkembangan teknologi komunikasi adalah hadirnya internet, smartphone, tablet
dan lain sebagainya. Hal ini menyebabkan akses informasi menjadi semakin cepat
dan menjadi sumber informasi yang baik dalam segi positif atau negatif.
Dampak Positif :
- Sebagai media untuk mencari Informasi atau Data sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
- Bisa digunakan sebagai bahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan dan lain-lain.
- Mudah berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
- Mempermudan proses pembelajaran.
- Sebagai sarana hiburan, beberapa pernagkat hasil dari teknologi komunikasi menyediakan fasilitas permainan, audio, dan video.
Dampak
Negatif :
- Secara Psikologis, Kecanduan atau ketergantungan yang dapat merespon segala stimulus yang diberikan oleh penggunanya.
- Terjadinya Violence and Coore (Kekejaman dan Kesaisan yang ditampilkan dalam Internet)
- Terjadinya Cyber Crime (Tindak Kejahatan Kriminal)
- Dapat merusak moral seseorang (Seperti; Pornografi, Anti Sosial Behaviour)
- Malas belajar dan mengerjakan tugas.
Desain Informatif :
Evaluasi :
Semuanya terjadi tidak sesuai dengan yang diharapkan
sebelumnya. Keseluruhan jadwal pelaksanaan tidak sesuai dengan jadwal yang
telah direncanakan. Ini semua terjadi karena komunikasi serta peran antar
anggota kelompok yang tidak teorganisir dengan baik. Ditambah lagi dengan
tugas-tugas dari mata kuliah lain yang deadline-nya tidak diduga sebelumnya
yang cukup menyita waktu dan pikiran juga. Kami mengucapkan syukur kepada Tuhan
YME, akhirnya kami dapat juga menyelesaikan tugas ini dengan baik dan semampu
kami.
Testimoni :
Aisyah Huwaida Siregar (111301065)
Tugas ini sungguh menyita waktu dan pikiran. Saya berharap
hasil dari penelitian kami ini dapat memberikan manfaat yang berarti. Saran
saya terhadap masyarakat untuk dapat menggunakan fasilitas Teknologi Informasi
dan Komunikasi ini secara wajar dan sesuai kebutuhan serta mengawasi
penggunaanya oleh pihak-pihak lain yang mungkin tidak bertanggung jawab.
Merinda Rika (111301001)
Menurut saya, Mini Proyek ini sangat menyenangkan dan juga merupakan pengalaman baru bagi saya. Mini proyek kami disini membahas tentag "Penggunaan TIK di Kalangan SMA" dalam proyek mini kami juga membahas dampak positif dan negatif dari teknologi. Diharapkan kepada masyarakat pada umumnya dan para remaja
khususnya untuk menggunakan pikirannya dalam memanfaatkan dan menggunakan
Teknologi Informasi dan Komunikasi secara sesuai dengan kondisi agar dampak negatif
dari teknologi komunikasi tidak terjadi.
Agnes Oktavia (111301021)
Diharapkan kepada siswa untuk dapat memanfaatkan Teknologi
Informasi dan Komunikasi dengan sebaiknya untuk dapat menghasilkan dampak yang
positif dari Teknologi Infomasi dan Komunikasi serta berusaha untuk mengurangi
dampak negative dari Teknologi Informasi dan Komunikasi tersebut.
Christine Natalia (111301127)
Menurut saya Teknologi informasi dan Komunikasi adalah hal
yang baik yang harus dimanfaatkan dan di kuasai oleh Remaja Indonesia zaman
sekarang . karena Teknologi adalah hal yang sudah diwajibkan oleh dunia untuk
dikuasai zaman sekarang ini . melalui Teknologi akan didapatkan info info
mengenai apapun tanpa batas di dunia ini,alangkah baiknya jika warga Indonesia
khususnya Remaja Indonesia untuk memanfaatkannya dengan baik agar tidak
ketinggalan dengan Negara maju lainnya.
Daftar Pustaka :
- ·John W. Santrock. Psikologi Pendidikan, Edisi Kedua.
- http://www.scribd.com/doc/25175419/Integrasi-Teknologi-Informasi-dan-Komunikasi-Dalam-Pembelajaran
- http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/03/peranan-teknologi-informasi-dalam-dunia-psikologi-pendidikan/
- DR. Munir, M.IT. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar