Anggota Kelompok :
Merinda Rika (11-001)Chindy (11-097)
Fonds Novel (11-105)
Pada hari
sabtu tanggal 16 Juni 2012, kami diberikan tugas untuk melakukan simulasi peran
Pedagogi dan Andragogi, berikut simulasi yang kelompok kami lakukan...
- Paedagogi
Simulasi paedagogi yang kelompok
rancang mempunyai setting di lapangan olahraga. Merinda berperan sebagai (guru),
Fonds dan Chindy berperan menjadi murid sekolah dasar (SD) kelas 1. Mula-mula
lakon yang dilakukan kelompok yaitu guru membawa murid-murid ke lapangan untuk
olahraga. Setelah berbaris, kemudian kegiatan olahraga pun dimulai. Murid
mengikuti gaya olahraga yang dilakukan sang guru secara tahap per tahap. Namun,
murid juga melakukan beberapa kesalahan ketika berolahraga sehingga guru yang
membenarkan dan kemudian murid pun mengikuti kembali gaya olahraga yang benar.
Jadi, pada paedagogi gurulah yang
mengarah pembelajaran dan murid hanya menjadi peserta pasif.
- Andragogi
Pada simulasi andragogi, peran yang kelompok
lakukan yaitu Merinda dan Fonds berperan menjadi peserta didik dan Chindy
berperan sebagai pendidik. Dari simulasi ini dapat dilihat bahwa pada andragogi
peserta didik telah memiliki kesadaran sendiri untuk menyelesaikan atau mencari
pemecahan masalah dan pendidik hanya berperan sebagai fasilitator.
Simulasinya sebagai berikut :
Pada akhir pelajaran, pendidik memberitahukan materi yang
akan dibahas pada pertemuan berikutnya kepada peserta didik. Setelah pelajaran
selesai, peserta didik dengan kemauan dan kesadaran sendiri pergi mencari tahu
tentang materi yang telah diberitahukan sebelumnya dengan terjun langsung ke
lapangan untuk menelitinya. Sehingga pada pertemuan selanjutnya peserta didik
telah siap dan apabila terdapat hal yang kurang dipahami akan ditanyakan kepada
pendidik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar